Selamat Datang di Blog SainsTik, semoga blog ini bermanfaat untuk anda Semua. ^_^
Posted by : Paksi Renaldi

AMSTERDAM - Seorang ilmuwan di Belanda, baru-baru ini mencipta-kan sebuah robot yang berbentuk sperma. Robot kecil itu di kontrol dengan meng-gunakan medan magnet. 

Robot mirip sel sperma ini terbuat dari polimer yang kuat tetapi fleksibel, dengan lapisan logam yang
dicat di ujung kepalanya.

Robot sperma buatan ilumuwan Belanda (foto: BBC)
Seperti dikutip dari BBC, Minggu (8/6/2014), desain robot ini tidak terlalu rumit, sangat sederhana karena memang bentuknya kecil. Robot ini memiliki kepala berlapis logam dan tubuh yang dapat bergerak fleksibel yaitu sekitar enam kali lebih lama dari sperma manusia. 

Dalam uji coba, robot sperma ini, dapat melakukan gerakan ke depan dan belakang dengan cara berenang. Tentunya, tetap menggunakan magnet untuk bisa mengarahkan robot imut itu. Mereka berharap temuan yang dipublikasikan di Jurnal Applied Physics Letters, akan berguna dalam aplikasi medis dan manufak-tur.

Dr. Sarthak Misra, peneliti robotika di University of Twente, Belanda mengatakan "Kami telah menciptakan mikro-robot yang terinspirasi bentuk dan pergerakan sel sperma, tetapi ini benar-benar kami buat di laboratorium". 

Sperma, seperti sejumlah bakteri, menggunakan cambuk seperti "flagellum" untuk mendorong mereka bergerak. Para insinyur ini juga menciptakan semacam kopling ekor magnetik untuk mengarahkan pergerakan sel darah merah, atau untuk mengendalikan pergerakan sperma.

sumber : Amarullah, Amri. 2014. Wah, Ilmuwan Bikin "Robot Sperma". http: http://techno.okez-one.com/read/2014/06/07/56/995459/wah-ilmuwan-bikin-robot-sperma



{ 2 comments... read them below or Comment }

Welcome to My Blog

Labels

- Copyright © .Sains -Sains-TIK- Powered by Aldy_Dreyn - Designed by Paksi renaldi -